BPSDMI

8 Tips Wawancara Kerja Dan Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Paling Sering Diajukan HRD

8 Tips Wawancara Kerja Dan Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Paling Sering Diajukan HRD | TopKarir.com
29 JUL 2022 16:17 PEMBEKALAN KARIR 18042 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 20 KALI DIBAGIKAN

Mendapatkan panggilan untuk Wawancara kerja tentunya merupakan sebuah langkah maju dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan, pada saat menghadapi wawancara kerja setidaknya seorang pelamar harus bisa mempresentasikan mengenai diri mereka dengan baik di samping dari sisi penampilan dan juga tutur kata serta sikap yang sopan.

 

Pada saat wawancara kerja biasanya pelamar akan berhadapan langsung dengan perwakilan dari perusahaan seperti HRD, ataupun divisi sumber daya manusia dan juga user ketika proses wawancara masuk pada tahap akhir seleksi. Bagi kamu yang akan mengikuti wawancara kerja ada baiknya mengikuti pembahasan kali ini mengenai 8 tips wawancara kerja dan pertanyaan wawancara kerja yang paling sering diajukan HRD di bawah.

 

8 Tips Wawancara Kerja Dan Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Paling Sering Diajukan HRD

Tips wawancara kerja tentunya akan membantu kamu ketika nantinya melakukan proses wawancara, dengan menerapkan tip wawancara kerja kamu akan mendapatkan gambaran dan juga persiapan lebih matang ketika mengikuti wawancara. Adapun untuk beberapa tipsnya kamu bisa menyimaknya sebagai berikut.

 

8 Tips Wawancara Kerja

Memahami perusahaan dan posisi yang dilamar

Tips yang pertama adalah kamu bisa memahami terlebih dahulu perusahaan yang kamu tuju serta posisi yang kamu lamar, dengan demikian tentunya pewawancara akan memberikan nilai tambah kepada kamu ketika mengetahui mengenai perusahaan serta posisi yang akan kamu lamar.

 

Berlatih bicara

Berikutnya adalah kamu bisa berlatih berbicara, pada saat proses wawancara tentunya kamu akan menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh HRD oleh karena itu sebelum melakukan wawancara kerja ada baiknya kamu berlatih berbicara terlebih dahulu di depan cermin agar nantinya ketika kamu mengikuti wawancara kamu sudah terbiasa.

 

Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum

Tips berikutnya adalah kamu bisa menyiapkan jawaban terlebih dahulu untuk beberapa pertanyaan umum yang memang sering ditanyakan, di sini kamu bisa menyiapkan beberapa jawaban yang nantinya akan diberikan oleh HRD contohnya seperti pertanyaan " kenapa kamu tertarik melamar pada perusahaan ini? ", Dan sebagainya jadi siapkan jawaban terlebih dahulu sebelum mengikuti wawancara kerja.

 

Menyiapkan penampilan terbaik

Selanjutnya adalah pastikan kamu sudah menyiapkan penampilan terbaik ketika akan mengikuti wawancara kerja dengan HRD, pastikan pakaian yang kamu gunakan sudah sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pewawancara ataupun juga kamu bisa mengenakan setelan formal saat mengikuti wawancara kerja.

 

Bersikap santun dan hormat

Bersikap santun dan hormat menjadi salah satu tips yang berikutnya bisa kamu terapkan pada saat mengikuti wawancara kerja, dengan bersikap sopan santun dan hormat kamu akan mendapatkan penilaian yang baik baik itu dari pewawancara ataupun orang-orang di sekeliling kamu.

 

Datang tepat waktu

Tips selanjutnya ketika kamu mengikuti wawancara kerja adalah pastikan kamu datang tepat waktu di lokasi wawancara, hal yang perlu digaris bawahi adalah ketika kamu mengikuti wawancara kerja jangan sampai kamu terlambat dan juga datang sesudah wawancara karena hal ini akan mencerminkan bagaimana kamu menghargai kesempatan wawancara kerja yang diberikan.

 

Aktif Bertanya

Setelah kamu mengikuti wawancara kerja dan menjawab beberapa pertanyaan yang sudah diberikan oleh pewawancara ada baiknya kamu juga aktif bertanya baik itu mengenai tugas pada juknis yang sudah kamu lamar ataupun mengenai perusahaan.

 

Mengucapkan terima kasih

Tips yang terakhir adalah jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pewawancara ketika kamu sudah mengikuti wawancara kerja, kamu bisa berterima kasih dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan ataupun juga memberikan ucapan mengenai harapanmu sesudah mengikuti wawancara ini sebelum berpamitan untuk pulang.

 

Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Paling Sering Diajukan HRD

Ada banyak sekali pertanyaan wawancara kerja sering diajukan oleh HRD ketika sedang melakukan proses wawancara kerja, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja pertanyaan yang sering muncul dan diajukan oleh RT kamu bisa menyimak beberapa pertanyaannya sebagai berikut.

 

  • Bisa ceritakan tentang diri kamu?
  • Kenapa kamu apply untuk posisi ini?
  • Darimana kamu mendapatkan info pekerjaan ini?
  • Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
  • Apa saja yang kamu tahu tentang posisi dan perusahaan ini?
  • Apa saja rencanamu di 3–5 tahun ke depan?
  • Apa yang bisa meyakinkan kami untuk merekrut kamu?
  • Jika harus tugas keluar kota dalam waktu lama, apakah kamu siap?
  • Kapan kamu bisa mulai bergabung dengan tim kami?
  • Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan?
  • Ada yang kurang jelas dan mau kamu tanyakan?
  • Kenapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?
  • Ceritakan tentang masa ketika kamu berada di situasi yang sulit
  • Ceritakan momen ketika kamu membuat kesalahan
  • Apa yang bisa kamu tawarkan yang kandidat lain tidak bisa?
  • Apa pekerjaan impianmu?
  • Apa yang memotivasi kamu?
  • Apakah kamu seorang pemimpin atau pengikut?
  • Apa hal yang mantan bos kamu akan minta untuk perbaiki tentang dirimu?
  • Apa yang membuatmu tidak nyaman?
  • Apa hobi kamu?
  • Apa gaya kerjamu?
  • Apa yang kurang kamu sukai dari pekerjaanmu?
  • Apa tipe lingkungan pekerjaan yang kamu sukai?
  • Bagaimana kamu memprioritaskan pekerjaanmu?

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai 8 tips wawancara kerja dan pertanyaan wawancara kerja yang paling sering diajukan HRD semoga bisa membantu bagi kamu yang sedang mengikuti wawancara kerja.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan kerja serta informasi mengenai dunia pekerjaan kamu bisa mengunjungi TopKarir untuk mengetahui informasi lainnya.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.