BPSDMI

Cara Membuat Linktree Dengan Mudah Untuk Kebutuhan Bisnis

Cara Membuat Linktree Dengan Mudah Untuk Kebutuhan Bisnis | TopKarir.com
21 OCT 2022 09:30 SEPUTAR KARIR 8452 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Apakah kamu pernah melihat sebuah URL Linktree yang tersemat pada bio beberapa akun Instagram baik itu Instagram toko online atau perusahaan? Mungkin kamu kadang bertanya-tanya Apa kegunaan dari URL tersebut? 

 

Jika kamu ingin mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari URL Linktree tersebut, Maka kamu berada pada halaman yang tepat karena disini kami akan membahas mengenai apa itu Linktree mulai dari manfaat menggunakannya hingga Bagaimana cara membuatnya dengan mudah.

 

Penggunaan Linktree merupakan salah satu trend yang tidak boleh kamu lewatkan terutama jika kamu salah satu orang yang memulai bisnis Online, dengan menggunakan ini tentunya akan memberikan manfaat yang banyak terutama pada perkembangan bisnis yang kamu bangun.

 

Tanpa perlu berlama-lama, untuk pengertian, manfaat dan cara membuatnya kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Apa Itu Linktree?

Linktree adalah sebuah layanan yang bisa memudahkan kamu dalam membagikan berbagai link dalam satu halaman website khusus atau landing page, dengan menggunakan Linktree para pelanggan kamu bisa mengakses semua konten hanya dengan satu klik link utama saja.

 

Yang mana di dalam link Linktree tersebut sudah terdapat beberapa informasi baik itu mengenai sosial media yang dimiliki oleh bisnis yang sudah kamu bangun ataupun juga informasi lainnya seputar produk yang kamu jual. Kamu bisa menyematkan link Linktree ini pada beberapa sosial media bisnis online kamu contohnya seperti Instagram, Tiktok, Facebook, YouTube, dan bahkan kamu juga bisa menuliskannya pada bio akun WhatsApp.

 

Selain itu jika kamu menjual produk menggunakan beberapa toko online atau marketplace, maka menggunakan Linktree adalah pilihan yang tepat agar para konsumen Kamu mengetahui serta mudah untuk memilih produk mana yang ingin mereka beli pada toko online kamu.

 

Saat ini penggunaan Linktree sudah sangat populer Dan hampir semua usaha maupun bisnis online menggunakan link Linktree ini untuk keperluan bisnis mereka, hal tersebut bukan tanpa sebab karena Linktree tentunya memiliki banyak manfaat yang bisa membantu kita dalam memasarkan bisnis kita di sosial media.

 

Manfaat Menggunakan Linktree

Ada berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan Linktree untuk keperluan bisnis online kamu, dan beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut.

 

  1. Memudahkan pelanggan atau audiens dalam mengetahui berbagai channel bisnis online yang kamu miliki hanya dengan satu landing.
  2. Memudahkan pelanggan untuk mengakses channel bisnis hanya dengan satu kali klik.
  3. Bisa meningkatkan traffic ke semua channel bisnis yang kamu bangun baik itu toko online ataupun sosial media yang dimiliki perusahaan.
  4. Mengetahui potensi konsumen dari jumlah audien yang melakukan klik pada link Linktree yang kamu sematkan.
  5. Dapat menganalisis efektivitas online marketing yang sudah kamu lakukan.

Beberapa manfaat yang sudah disebutkan diatas tadi bisa kamu dapatkan secara gratis dengan cara membuat akun Linktree, namun jika kamu mendaftarkan akun gratis maka ada beberapa fitur yang tidak akan kamu dapatkan jadi Jika ingin menggunakan seluruh fitur yang tersedia pada Linktree kamu bisa melakukan upgrade ke akun premium.

 

Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika mengupgrade akun pada akun premium, salah satunya adalah kamu memiliki banyak fitur advanced yang bisa digunakan contohnya seperti menggunakan tema premium serta background video pada landing page yang kamu buat. 

 

Lalu bagaimana cara membuatnya? Untuk cara membuatnya sendiri cukup mudah. untuk pembahasan lebih lengkapnya mengenai langkah cara pembuatannya kamu bisa menyimaknya pada pembahasan di bawah.

 

Cara Membuat Linktree Dengan Mudah

Cara Membuat Linktree sangatlah mudah kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

 

Masuk Pada Website Linktree

Source : niagahoster.co.id

 

Langkah pertama untuk membuat linktree, kamu bisa masuk terlebih dahulu pada halaman website Linktree kemudian klik tombol Get Started For Free untuk membuat akun baru.

 

Membuat Akun Linktree

Source : niagahoster.co.id

 

Jika sudah langkah berikutnya kamu bisa mengisi detail dari akun kamu mulai dari username, email hingga password.

 

Di sini kamu bisa bebas memasukkan username kamu, namun sebaiknya kamu menggunakan nama toko online atau bisnis online agar mudah diingat.

 

Saat semua detail sudah kamu isi maka langkah berikutnya kamu bisa ceklis pada bagian persetujuan Terms and Condition. Lalu jika sudah klik tombol Sign up with email. 

 

Melengkapi Info Akun Linktree

Source : niagahoster.co.id

 

Setelah melakukan pendaftaran langkah selanjutnya adalah kamu bisa mengisi terlebih dahulu info dari akun Linktree yang barusan sudah kamu buat, kamu bisa memasukkan nama lengkap hingga kategori bisnis yang sedang kamu bangun.

 

Ketika semua informasi sudah terisi maka langkah berikutnya kamu bisa mengklik tombol Continue untuk melanjutkan proses pendaftaran akun Linktree.

 

Pilih Linktree Free

Source : niagahoster.co.id

 

Setelah mengisi dan melengkapi info akun sebelumnya mulai dari nama hingga jenis toko, berikutnya kamu akan diarahkan pada halaman plan Linktree. Pada halaman ini karena kita akan membuat akun gratis kamu bisa pilih yang Free.

 

Kemudian jika sudah memilih, kamu bisa langsung klik tombol Sign up for free $0 untuk melanjutkan proses pendaftaran. Pada tahap ini sebenarnya kamu sudah berhasil membuat akun Linktree namun untuk bisa menggunakannya kamu bisa terlebih dahulu memverifikasi email terlebih dahulu.

 

Melakukan Verifikasi Email

Source : niagahoster.co.id

 

Untuk bisa melakukan verifikasi email, kamu bisa masuk pada email yang sudah kamu daftarkan tadi maka pada halaman pesan akan ada email yang dikirimkan oleh pihak Linktree.

 

Kamu bisa membuka email tersebut kemudian mengklik tombol verify email untuk mengkonfirmasi dan mengaktifkan akun Linktree kamu.

 

Login Ke Akun Linktree

Source : niagahoster.co.id

 

Setelah melakukan proses verifikasi email langkah berikutnya kamu bisa login kembali pada akun Linktree kamu.

 

Pada halaman login kamu bisa memasukkan username dan password yang sudah kamu daftarkan tadi, kemudian klik tombol Sign in.

 

Akses Halaman Dashboard Linktree

Source : niagahoster.co.id

 

Setelah berhasil masuk pada akun kamu langkah berikutnya kamu bisa mengakses halaman dashboard Linktree. 

 

Pada halaman dashboard ini setidaknya akan ada 4 menu yaitu:

 

 

  • Link : yang digunakan untuk menambahkan link baru
  • Appearance : digunakan untuk mengubah tema dan juga profile Linktree
  • Setting : berfungsi untuk melakukan pengaturan terkait dengan banner, social icon, hingga pengaturan dari email dan sensitif material yang ada pada akun.
  • PRO : menu terakhir adalah menu pro yang digunakan Jika kamu ingin meng-upgrade akun.

 

Membuat Link Baru

Source : niagahoster.co.id

 

Setelah melalui beberapa proses mulai dari pendaftaran akun, verifikasi hingga mengetahui apa saja menu yang ada pada dashboard Linktree. Langkah berikutnya adalah langkah utama yaitu cara membuat linktree, untuk ceweknya sendiri adalah kamu bisa membuat link baru dengan cara mengklik tombol Add New Link pada menu Link.

 

Setelah mengklik tombol tersebut maka akan ada menu baru untuk diisi yaitu kolom Title dan URL. Pada kolom Tito kamu bisa memasukkan nama judul yang akan muncul di LinkedIn kamu, sedangkan untuk url adalah alamat yang akan dituju Ketika seseorang mengklik judul kamu nantinya.

 

Jika kamu merasa halaman judul dan url sudah benar maka berikutnya kamu bisa aktifkan toggle menjadi ON supaya URL Linktree kamu bisa ditampilkan.

 

Membagikan Link Linktree Yang Sudah Dibuat

Setelah membuat linktree langkah berikutnya kamu bisa membagikan Link yang sudah kamu buat tadi dengan berbagai cara, mulai dari menambahkan url ke dalam profil social media bisnis. Ataupun juga bisa membagikan url kepada koneksi kamu di email.

 

Nah itu tadi cara membuat linktree dengan mudah untuk kebutuhan bisnis, sekarang dengan menggunakan Linktree maka customer kamu bisa terhubung langsung dengan berbagai sosial media ataupun website serta marketplace yang dimiliki bisnismu dengan lebih cepat.

 

Meskipun Linktree ini gratis akan tetapi dengan berbagai manfaat yang dimilikinya tentu saja hal ini akan mendukung kemajuan dari bisnis online yang sudah kamu bangun.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa menggunakan Linktree ini untuk kebutuhan menaruh portofolio ataupun CV kamu di sosial media agar para pencari kerja bisa dengan mudah menemukan kamu, atau Jika kamu ingin mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap kamu bisa mencarinya di TopKarir.

 

Selain informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu juga akan dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.