BPSDMI

Karakter Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Freelancer Agar Bisa Sukses

Karakter Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Freelancer Agar Bisa Sukses | TopKarir.com
21 NOV 2022 08:16 SEPUTAR KARIR 1635 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Untuk bisa menjadi seorang freelancer yang sukses tentunya bukan hal yang mudah, kita perlu memiliki Karakter  yang mendukung pekerjaan kita sebagai freelance Contohnya Karakter  tidak mudah menyerah dan tekun dalam menjalani pekerjaan.

 

Meskipun kita tahu bahwa dengan bekerja freelance pendapatan kita mungkin tidak bisa diprediksi karena tiap bulannya bisa saja besar atau kecil. Oleh Karena itu untuk bisa menjadi seorang freelancer yang sukses maka wajib rasanya mulai menerapkan beberapa Karakter  berikut ini.

 

Karakter Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Freelancer 

Jika kamu orang yang memiliki Karakter  yang mudah bosan mungkin menjadi seorang freelance bukanlah pilih yang bagus untukmu, karena saat kamu bekerja menjadi seorang freelance maka akan dituntut untuk bisa sabar dan tekun dalam menjalani pekerjaan meskipun pendapatan tidak tentu setiap bulannya.

 

Namun ada juga banyak freelancer yang bisa dibilang sukses dalam bekerja freelance, dan diantara orang-orang sukses tersebut tentunya memiliki beberapa Karakter  ini dalam diri mereka, apa saja Karakter nya? Mari Simak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

 

Karakter Tekun

Karakter pertama yang wajib kamu miliki jika ingin sukses menjadi seorang freelancer adalah Tekun, dalam segala bidang pekerjaan rasanya karakter tekun atau ulet ini harus dimiliki, menjadi seorang freelance kita harus bisa fokus dalam mengerjakan bidang freelance yang kita pilih.

 

Misalnya jika kamu menawarkan jasa menjadi seorang freelance web developer, maka kamu bisa menekuni bidang tersebut hingga memiliki pengalaman profesional didalamnya, niscaya nantinya kamu akan menjadi seorang freelance yang sukses.

 

Untuk bisa memiliki karakter tekun tentunya tidak mudah karena akan ada banyak halangan seperti bosan dalam mengerjakan bidang yang itu-itu saja hingga muncul rasa ingin pindah dalam bidang lain yang menurutmu lebih memiliki peluang besar.

 

Namun untuk mencegah hal tersebut kamu harus bisa mengkaji diri dan melihat kembali seperti apa proses yang kamu lalui hingga bisa pada titik tersebut. Kamu juga bisa mengevaluasi diri hingga memikirkan kembali apa yang memang menjadi tujuanmu dalam memilih tekun pada bidang freelance tersebut.

 

Karakter Kreatif 

Karakter berikutnya yang wajib dimiliki oleh seorang freelancer jika ingin sukses adalah kreatif, memiliki karakter yang kreatif tentunya tidak dimiliki oleh semua orang. Namun karakter ini tentunya bisa diasah jik kita sering berlatih.

 

Contohnya jika kamu ingin berkarir menjadi seorang freelance designer meskipun kamu tidak bisa membuat desain dan bahkan bukan orang yang kreatif, namun jika kamu terus berlatih dan sering melihat beberapa referensi karya orang lain tentunya karakter kreatif dalam diri kamu akan mulai muncul.

 

Untuk melatih karakter kreatif ini kamu bisa berlatih membuat desain-desain sederhana dan menggabungkan beberapa referensi yang sudah kamu lihat, lalu kemudian kamu bisa menciptakan style atau gaya mu sendiri dalam sebuah desain atau karya.

 

Orang yang memiliki karakter ini biasanya banyak bekerja menjadi seorang desainer atau ilustrator yang notabene pekerjaannya mengandalkan kreativitas yang ada dalam diri sendiri.

 

Karakter Sabar

Karena seorang freelancer tidak ada mendapatkan client dengan mudah maka tentunya memiliki karakter yang sabar wajib dimiliki olehmu.

 

Untuk menjadi seorang freelancer yang sukses tentunya kita memerlukan kesabaran karena segala sesuatu tidak bisa dengan instan terjadi, kamu perlu sabar dalam membangun jasa freelance dan meningkatkan skill kamu.

 

Dalam proses menjadi seorang freelance yang profesional dan sukses kamu perlu menikmati segala proses yang terjadi, dan menghadapi segala tantangan yang ada di dunia freelance.

 

Memiliki karakter sabar tentunya tidak hanya akan berguna dalam dunia freelance saja, namun di kehidupan sehari-hari pun kita dituntut harus sabar ketika mendapatkan halangan atau bahkan musibah.

 

Karakter Mandiri 

Menjadi seorang freelancer tentunya akan dituntut untuk mandiri dan mengerjakan segala sesuatu baik itu projects atau pekerjaan sendiri.

 

Meskipun saat pertama kali menjadi seorang freelance rasanya akan cukup berat karena mungkin kamu terbiasa untuk bekerja secara tim di kantor, namun lama kelamaan tentunya jika kita sering bekerja karakter mandiri ini akan tumbuh dalam dirimu.

 

Selain dituntut untuk bekerja secara mandiri, agar bisa menjadi seorang freelancer yang sukses kamu juga harus mandiri dalam hal lain misalnya di kehidupan sehari-hari. Karena menjadi seorang freelance biasanya kita akan tinggal di rumah jadi jangan sampai merepotkan orang tua atau orang disekitar.

 

Karakter Disiplin

Seperti yang kita tahu bahwa menjadi seorang freelancer kita bisa bekerja kapan saja dan dimana saja, namun untuk bisa menjadi seorang freelance yang sukses kita juga harus bisa disiplin.

 

Disiplin disini adalah ketika kamu mengerjakan suatu Project kamu harus bisa menyelesaikannya sesuai dengan kesepakatan bersama client, selain itu kamu juga harus mengupdate sampai mana projects kamu berjalan.

 

Untuk menjadi seorang freelance yang disiplin kamu bisa memanfaatkan teknologi saat ini misalnya seperti aplikasi atau software untuk management projects agar lebih teratur.

 

Selain itu kamu juga bisa mengatur jam kerja setiap harinya dengan membuat jadwal hingga to-do-list pekerjaan apa saja yang akan kamu kerjakan setiap harinya.

 

Karakter Tidak Mudah Menyerah 

Karakter terakhir yang wajib dimiliki seorang freelancer agar bisa sukses adalah pantang menyerah. Seperti pepatah, " kesempatan tidak datang dua kali, namun kesempatan akan datang pada orang yang tidak menyerah ".

 

Dalam pepatah tersebut berarti bahwa kesempatan atau kesuksesan memang tidak mudah diraih namun jika kamu tidak berhenti mencoba dan tidak mudah menyerah niscaya ke sukses an akan datang dengan sendirinya.

 

Begitu pula dalam dunia freelance, jika kita tidak mudah menyerah dalam menjalankan jasa freelancer yang kita punya maka Suatu saat kita akan menjadi seorang freelance yang sukses.

 

Kuncinya hanya jangan menyerah, dan nikmati proses dan perjalananmu saat ini serta terus tingkatkan Skill agar kamu bisa mendapatkan projects yang memiliki skala lebih besar dan mendapat penghasilan lebih besar pula.

 

Kesimpulan 

Menjadi seorang freelance tentunya tidak mudah, tetapi jika kamu mampu mengembangkan karakter-karakter  di atas, maka kamu akan menemukan kesuksesan sebagai seorang freelance.

 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai karakter yang wajib dimiliki oleh seorang freelancer agar bisa sukses, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin menjadi seorang freelancer.

 

Jika kamu ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja freelance, kamu bisa mengunjungi TopKarir, selain lowongan kerja freelance kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.